loading...

Aktor dan Aktris Terbaik Academy Awards Berkulit Hitam

Tahun ini, isu diskriminasi terkait ras kembali memanas dalam Academy Awards setelah daftar nominasinya diumumkan pada Kamis pekan lalu. Mengulangi apa yang terjadi pada tahun lalu, kini pun tak ada nomine berkulit hitam yang masuk dalam kategori nominasi utama. Protes pun merebak, terutama dari para pelaku industri film. Mereka membubuhkan tagar #OscarsStillSoWhite di media sosial mereka.

Mengutip Time, jika dirunut sejak ajang Oscars pertama kali diadakan sampai sekarang, jumlah nomine dari kalangan kulit hitam hanya 6,7 persen dari total 1.668 nomine. Sementara, infografis Lee dan Low The Diversity Gap in the Academy Awards memperlihatkan bahwa para pemenang di ajang tersebut selama 87 tahun terakhir hanya diisi oleh satu persen dari kalangan aktris berkulit hitam dan 8 persen untuk aktor.

Untuk melihat siapa saja pemenang Aktor dan Aktris Terbaik Academy Awards yang berkulit hitam, simak fotonya satu per satu di bawah ini

HATTIE MCDANIEL
Hattie McDaniel adalah aktris Afrika-Amerika yang pertama kali memenangkan piala Oscar. Ia berhasil memenangkan kategori Aktris Pendukung Terbaik di Oscars tahun 1940 berkat perannya sebagai Mammy di Gone With The Wind

SIDNEY POITIER
Aktor Bahamian-Amerika ini memenangkan gelar Aktor Terbaik Academy Awards pada tahun 1964. Semua itu berkat kerja keras membintangi film Lilies of Field.

LOUIS GOSSETT JR.
Aktor Amerika ini memberikan akting terbaiknya dalam film An Officer and a Gentleman. Maka dari itu, ia pun diganjar piala Aktor Pendukung Terbaik Academy Awards pada tahun 1983.

DENZEL WASHINGTON
Denzel Washington menerima piala Oscar sebagai Aktor Pendukung Terbaik di Oscar tahun 1990 untuk perannya di film Glory.

WHOOPI GOLDBERG
Perannya di film Ghost berhasil membuat Whoopi Goldberg memenangkan gelar Aktris Pendukung Terbaik pada tahun 1991 di Academy Awards.

CUBA GOODING JR
Cuba Gooding melemparkan piala Oscarnya ke udara setelah dinobatkan sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk perannya di film Jerry Maguire pada tahun 1997.

DENZEL WASHINGTON
Lagi-lagi Denzel Washington berpose dengan piala Oscarnya. Ini merupakan kedua kalinya ia mendapatkan piala Oscar dan menjadi aktor Afrika-Amerika pertama yang mendapatkan dua piala Oscar untuk kategori akting. Di tahun 2002, ia memenangkan Aktor Terbaik untuk aktingnya di film Training Day

HALLE BERRY
Tahun 2002 juga menjadi kemenangan bagi Halle Berry. Ia menyabet gelar Aktris Terbaik Oscar berkat perannya di film Monster's Ball

JAMIE FOXX
Dua tahun setelah Denzel Washington meraih penghargaan Aktor Terbaik, giliran Jamie Foxx yang mendapatkan prestasi tersebut. Ia memenangkan Aktor Terbaik Oscar tahun 2005 untuk perannya di fillm biopic Ray.

MORGAN FREEMAN
Akhirnya aktor kawakan Morgan Freeman bisa mengantongi satu piala Oscar. Ia berhasil memenangkan kategori Aktor Pendukung Terbaik berkat perannya di film Million Dollar Baby pada tahun 2005.



FOREST WHITAKER
Bintang The Last King of Scotland ini memenangkan Aktor Terbaik pada tahun 2007.



JENNIFER HUDSON
Di tahun yang sama, Jennifer Hudson juga mendapatkan satu piala Oscar. Ia diganjar Academy Awards berkat aktingnya di film Dreamgirls.

MO'NIQUE
Dua tahun setelahnya. Mo'Nique dinobatkan sebagai Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya di film Precious yang berdasarkan novel berjudul Push karya Sapphire.

OCTAVIA SPENCER
The Help (2011) sukses membawa Octavia Spencer menjadi Aktris Pendukung Terbaik pada gelaran oscar tahun 2012

LUPITA NYONG'O
Kesuksesan film 12 Years a Slave, berdampak pada kesuksesan pemainnya. Lupita Nyong'o mendapatkan piala oscar atas perannya sebagai Patsey di film yang bercerita tentang perbudakan di masa lalu itu.

Tidak ada komentar