loading...

3 Make Up Keren Pemenang Oscar dari Film Biografi Hollywood

Aktor dan aktris berikut ini tampak mirip dengan tokoh nyata yang diperankannya dalam film biopic berkat penata riasnya. Di Academy Awards, juga ada beberapa tim makeup artist pemenang Oscar bekat kinerja mereka dalam mendadani aktor-aktris mereka. Siapa sajakah dan bagaimana usahanya dalam menampilkan sang aktor agar semirip dengan tokoh aslinya? Simak ulasannya di belakang.

1. Mask (1985)

Dalam film Mask (1985), makeup artist, Michael Westmore, harus mengubah Eric Stoltz menjadi tokoh Rocky Dennis yang menderita craniodiaphyseal dysplasia. Ia menggabungkan tiga potongan lateks pada wajah Stoltz dan ditambahkan dengan make up. Stoltz juga mengenakan gigi palsu untuk tampilkan gigi cacat milik Rocky.
Mengutip Los Angeles Times, setelah tokoh Rocky asli meninggal dunia, ibunya mendonasikan tulang Rocky ke Stanford University School of Medicine. Dan untuk pembuatan filmnya, sekolah meminjamkan tulangnya kepada Westmore untuk dipelajari. Tapi ia mengatakan ia bisa mendapatkan banyak detail yang ia butuhkan dari foto.
Di tempat kerjanya, North Hollywood, Westmore mencampurkan lateks cair ke dalam blender Sunbeam, setelah itu dituangkan ke dalam cetakan, dibentuk pada model tanah liat, dan hasilnya terasa ringan seperti krim kocok. Ketika pertama kali memakai topeng itu, Michael Westmore mengatakan lateks itu seperti berbau telur busuk. Westmore akhirnya merendamnya dalam air vanili dulu sebelum digunakan.
Segala upaya yang dilakukan Michael Westmore ini pun membuah hasil sebuah piala Oscar untuk Tata Rias Terbaik.


2. The Iron Lady

Kepiawaian J. Roy Helland dan Mark Coulier mengubah Meryl Streep menjadi Margaret Thatcher (Perdana Menteri Inggris 1979 -1990) patut diacungi jempol. Bahkan, Oscars dan British Academy Film and Television Arts (BAFTA) pun menganugerahinya penghargaan Tata Tias Wajah dan Rambut Terbaik.
Berbeda dengan pemenang terdahulunya, The Iron Lady memenangi kategori ini bukan karena tata rias yang rumit, seperti Mask. Saat menerima penghargaan Oscar, Coulier mengatakan kunci sukses riasan The Iron Lady.
”Kami tidak berusaha mati-matian membuat Streep menjadi semirip mungkin dengan Margaret Thatcher. Kami hanya memilih beberapa elemen dari Thatcher, mengaplikasikannya pada Streep dengan tetap membebaskannya bergerak dan berekspresi sendiri,” kata Coulier.



3. Dallas Buyers Club

Transformasi Matthew McConaughey menjadi seorang penderita AIDS, Ron Woodroof, terlihat mengesankan. Bukan hanya sekadar perubahan berat tubuhnya, tapi juga tatanan riasnya yang membuat McConaughey tampil semenderita Woodroof. Efek tata rias seperti orang sakit tersebut dihasilkan oleh Robin Mathews.
"Itu penuh dengan trik karena saya harus meyakinkan level rasa sakit yang ditunjukkan melaluimakeup. Itu adalah sebuah keseimbangan makeup yang super dan banyak yang dikerjakan," kata Mathews kepada Pret-a-Reporter
Salah satu tampilan paling sulit adalah saat menggambarkan rasa sakit yang paling nyeri, khususnya ketika tokoh Rayon (Jared Leto) membuang obat-obatan mereka. Mathews menjelaskan bagaimana menggambar ruam di wajah Leto dengan menggunakan tiga lapisan abu-abu dan marmer konsentrat, dan "guratan wajah dan titik-titik" untuk menampilkan usianya. Untuk memberikan ruam kering dan tampilan bersisik, Mathews menerapkan lapisan lain yang dibuat dengan bubur dan tepung jagung.
Semua itu ia lakukan karena anggaran untuk tim makeup sangatlah terbatas, yakni 250 dolar AS (Rp 3,4 juta). "Biasanya, saya akan membuat prostetik, tapi kami tidak memiliki uang untuk melakukan itu," Mathews menjelaskan. Sebaliknya, dia melihat foto dari penelitian sebelumnya dan diciptakan kembali dengan caranya sendiri. "Saya melihat foto-foto dan mengatakan, 'Saya bisa berhasil dengan bubur dan tepung jagung.' Saya melakukan tes di tangan saya sendiri dan melihat tampak seperti apa," paparnya.
Usahanya dan kreativitasnya pun diganjar sebuah piala Oscar untuk kategori Tata Rias dan Rambut Terbaik pada tahun 2013.



http://www.muvila.com/film/artikel/3-polesan-penata-rias-film-biopic-hollywood-yang-mengagumkan-160125e-page3.html

Tidak ada komentar