loading...

5 Fakta Ilmiah Film Gravity

Film Gravity menceritakan seorang insinyur medis bernama Ryan Stone (Sandra Bullock) sedang dalam misi pertamanya menggunakan pesawat ulang alik milik NASA, sebuah organisasi yang khusus bergerak dibidang luar angkasa. Ia ditemani astronot berpengalaman bernama Matt Kowalsky yang diperankan oleh aktor tampan George Clooney. Namun sesuatu yang tidak diinginkan terjadi ketika mereka sedang melakukan spacewalk atau berjalan di luar angkasa, bagian dari sebuah satelit lepas dan menghancurkan hampir seluruh pesawat ulang alik mereka. Meninggalkan mereka dalam keadaan udara terbatas. Tanpa bisa berkomunikasi dengan bumi, Merekapun harus saling bekerja sama untuk hidup. Mampukah mereka bertahan hingga akhir? Tayang pada 4 Oktober 2013 di Amerika.Film ini diputar pertama kali di festival Venice. Mendapat banyak pujian dari berbagai kalangan. Salah satu sutradara terbaik didunia, James Cameron bahkan mengatakan Gravity merupakan film luar angkasa terbaik yang pernah dibuat.  Berikut 5 Fakta Ilmilah dari Film Gravity

1.GPS bekerja di luar angkasa
 Pada satu bagian cerita di film tersebut, ahli medis NASA Ryan Stone mengatakan 'GPS sedang down'. Faktanya GPS memang dapat menentukan koordinat lokasi, bahkan di luar Bumi. Ini mungkin karena satelit GPS yang mengorbit 20 ribu di atas tanah di Bumi bahkan lebih tinggi dari Hubble Space telescope, tempat yang dituju astronot.

2. Detail propertinya akurat
Sang sutradara, Alfonso Cuaron membuat lokasi pembuatan film terlihat sangat sesuai aslinya. Segala sesuatunya dari mulai koridor sempit di ISS (Stasiun Luar Angkasa Internasional) sampai dengan rancangan pesawat luar angkasa China sangat akurat, bahkan hingga pakaiannya.

3. Teori fisika luar angkasa
Ada beberapa teori fisika yang sesuai kenyataan di film Gravity:
- Puing-puing stasiun ruang angkasa yang partikelnya terlempar segala arah
- Gerakan astronot yang khas di dalam pesawat luar angkasa

4. Rasi bintang akurat
Jika Anda mengamati lebih jauh, Anda akan melihat bahwa latar belakang film ini beberapa kali memperlihatkan rasi bintang yang jajarannya akurat seperti di kehidupan nyata, termasuk Orion, Pleiades dan Taurus.


5. Rekor spacewalking
Matt Kowalski yang diperankan George Clooney akhirnya sukses memecahkan rekor spacewalking terlama, tapi sebelum berhasil melakukannya di film, ia menyebut sebuah nama, kosmonot Anatoly Solovyev. Anatoly Solovyev adalah seorang kosmonot Rusia yang telah berkelana di luar angkasa sebanyak 16 kali dengan waktu total lebih dari 82 jam (atau sekitar tiga setengah hari) sebelum ia akhirnya pensiun. Hingga saat ini di kehidupan nyata, ia masih memegang rekorspacewalking terlama.

sumber : http://teknologi.inilah.com

Tidak ada komentar