loading...

Pidato Oscar Terpendek Sepanjang Sejarah

Tidak akan ada lagi ungkapan kegembiraan yang berlebihan di panggung Academy Awards ke-88. Panitia semakin membatasi pidato sambutan pemenang yang biasanya berisi ucapan terima kasih panjang kepada berbagai pihak dalam filmnya.

Alih-alih, panitia akan memasang ucapan terima kasih itu di layar di belakang sang pemenang. Bak akreditasi yang biasanya muncul usai film, nama-nama yang diberi terima kasih akan ditayangkan berjalan naik perlahan-lahan di layar itu.

Dengan demikian, sang pemenang tidak akan berada terlalu lama di atas panggung. Pidato sambutan pun tak lagi terkesan bertele-tele dan penuh euforia.

Selama ini, sebenarnya pidato Oscar sebenarnya dibatasi hanya 45 detik. Namun banyak selebriti yang menggunakannya lebih panjang. Tidak jarang, ucapan terima kasih mendapat porsi paling banyak. Ada pula yang menambahkannya dengan menyampaikan visi khusus, seperti gender atau ras.

Tapi jika dilihat dari sejarah, ada pula selebriti yang menggunakan kesempatan berpidato itu hanya untuk menyampaikan lima kata. Mengutip The Hollywood Reporter, Joe Pesci bisa dibilang selebriti dengan pidato Oscar terpendek sepanjang sejarah.

Ia memenangi penghargaan kategori Aktor Pendukung Terbaik atas perannya sebagai Tommy DeVito dalam film rilisan 1990, Goodfellas. Ia memerankan karakter ikonik sebagai gangster yang pintar bersilat lidah, kejam, dan mudah marah.

Ketika tiba saatnya ia naik ke atas panggung untuk berpidato, aktor yang tahun ini berusia 73 tahun itu hanya mengatakan, "Ini kehormatan saya. Terima kasih." Untuk mengucapkannya di atas panggung saja mungkin tidak membutuhkan waktu lima detik.

Pesci pernah dinominasikan enam kali dalam Oscar. Ia pernah diunggulkan sebagai Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Namun ia hanya pernah sebagai Aktor Pendukung Terbaik lewat film Goodfellas.




Tidak ada komentar