loading...

Fakta Pembuatan Film Titanic

1.   Dana untuk pembuatan film Titanic lebih besar daripada biaya pembuatan kapal itu sendiri.

2.    Kate Winslet, yang berperan sebagai Rose di film Titanic, tidak suka lagu "My Heart Will Go On". Karena setiap kali dia mendengarnya, dia merasa ingin muntah.

3.    Leonardo hampir menolak peran ini
Leo ternyata pernah menolak peran ini karena terlalu romantis dan tradisional. James Cameron mengaku berulang kali menyakinkannya dan alhasil peran itu sukses dimaninkan Leonardo. Ia bahkan menjadi populer di peran ini.

4.    Airnya Lautnya sebenarnya hangat
Cameron mengungkap rahasia saat syuting. Ternyata semua gambar soal penumpang yang terendam dan mati kedinginan adalah efek. Dalam syuting, para penumpang itu berendam dalam kolam air hangat. "Tak mudah memaksa mereka berendam di kolam air selama berjam-jam jika airnya dingin." kata James Cameron. "Apalagi mereka juga kudu ke kamar kecil”


5.    Adaptasi Kate dan Leonardo sungguh sulit
Kate mengaku kerepotan beradaptasi dengan Leonardo. Kate mengaku bermasalah mengucap dialog karena aksen Amerikanya terlalu kental. Selain itu, Kate dan Leonardo juga kudu bisa beradegan intim. Padahal ia baru berkenalan dengan Leo beberapa bulan sebelumnya. "Namun kami bisa beradegan selama 18 menit di film yang kami konversi ke 3D," ujarnya. "Kami punya kenangan yang indah tentu saja. Dia terbahak-bahak melihat betapa mudanya ia di film itu."

6.    Kate mendadak dicukur di tengah-tengah pengambilan gambar
Pada bagian saat Rose akan melompat dari kapal, "Ada bagian di mana Leo memegang tanganku dan karena cara Jim menyinari bagian ini, sinarnya menangkap semua rambut kecil yang ada di tanganku," ujar Kate. "Ia lalu berkata, 'oke, kita akan mencukur tanganmu.' Jadi kami berhenti melakukan pengambilan gambar dan tim penata rias segera mengeluarkan silet dan krim cukur. Itu sangat lucu. Aku selalu mengingatnya."

7.    Leo dan Kate belakangan menjadi dekat
Setelah syuting, Leo dan Kate menjadi dekat. Bahkan, kata James Cameron, mereka berdua menjadi sedikit bergantung sama sama lain. Leo selalu siap pada beberapa kejadian penting. "Saat kami melakukan pengambilan gambar di bawah air pada bagian terakhir, Leo sudah memiliki sertifikat menyelam sementara aku tidak," tutur Kate. "Dia benar-benar memperhatikanku. Dia sungguh brilian, dia tidak akan pergi dari sisiku."

8.    Kadal peliharaan Leonardo DiCaprio yang bernama Blizz mengalami cidera di lokasi syuting. Namun actor tersebut segera merawatnya dan memulihkan kondisi hewan kesayangannya itu.

Gwyneth Paltrow
9.    Ternyata, awalnya sang sutradara James Cameron menginginkan agar Gwyneth Paltrow yang berperan sebagai Rose DeWitt Bukater. Selain itu, Claire Danes dan Nicole Kidman juga dipertimbangkan untuk peran itu.

Matthew McConaughey
10. Paramount pictures ingin agar Matthew McConaughey berperan sebagai Jack Dawson, namun James bersikeras mengusulkan Leonardo DiCaprio. Dan Leonardo hampir menolak peran tersebut untuk bermain sebagai peran utama di film ‘Boogie Nights’, film tentang industry film dewasa di tahun 1970an.

11. Setelah mengetahui bahwa ia harus bertelanjang di depan Leonardo DiCaprio, Kate Winslet langsung waspada terhadap lawan mainnya itu ketika mereka pertama kali bertemu.

12. Adegan pertama yang harus dilakukan oleh Kate dan Leonardo bersama adalah saat Jack harus melukis gambar telanjang Rose. James melakukannya dengan maksud memanfaatkan energy kegugupan dari actor muda itu.

13. James yang menggambar sendiri sketsa telanjang dari Rose, dan tangannya ditampilkan dalam film tersebut. Gambar itu kemudian dilelang dan terjual dengan harga 16 ribu dolar Amerika (sekitar Rp.160 juta)



Gloria Stuart
14. Gloria Stuart adalah aktris tertua yang pernah menerima nominasi Oscar, untuk perannya sebagai Rose tua pada usia 87 tahun. Dia juga merupakan satu-satunya orang yang sudah hidup saat bencana nyata Titanic terjadi.

Enya
15. Penyanyi baru, Enya menolak kesempatan untuk menyanyikan Soundtrack dari film tersebut. Pekerjaan itu kemudia diberikan kepada composer Jack Horner. Soundtrack film itu yang berjudul “My Heart Will Go On” merupakan lagu pertama dari film non-musical yang berhasil meraih Oscar

16. Penyanyi music country, Reba McEntire sebelumnya direncanakan untuk berperan sebagai Molly Brown. Namun karena jadwal yang padat, peran itu jatuh pada Katty Bates.

17. Selama adegan kapal tenggelam, Kate adalah satu”nya pemeran yang tidak menggunakan pakaian dalam khusus berbasah-basahan (wetsuit). Akibatnya ia terkena Pneumonia.

18. 150 pemain tambahan di training mengenai etika dan gaya hidup pada abad ke-20. Sebuah video edukasi juga diputar berulang” di ruang ganti pakaian.

19. Kaviar beluga benar benar disajikan dalam ruang makan malam kelas pertama.

20. Saat film itu kehabisan anggaran, James memotong bayarannya sebagai sutradara sebesar 8 juta dollar Amerika.

21. Setelah malam terakhir syuting di Novia Scotia, seseorang telah menaruh obat PCP  (Angel Dust, semacam obat bius) ke dalam sup yang disajikan untuk para pemeran dan juga kru. Akibatnya delapan puluh orang mengalami sakit dan beberapa diantaranya dirawat di rumah sakit.

22. Ketika Rose melihat ke langit saat ia menunggu kapal penyelamat, bintang bintang di langit membentuk gugusan Heart of Ocean


23. Pada 2010 lalu, James mengatakan bahwa alasan sebenarnya dia ingin membuat film itu adalah agar dia bisa merekam reruntuhan kapal Titanic yang sebenarnya.

Tidak ada komentar